Masuk Isu Penting Presidensi G20, Kominfo Ajak Stakeholders Konsolidasikan Isu Digital Nasional

KLIKSAJA.CO – Sektor digital sebagai salah satu isu penting dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi bahasan utama dalam Digital Economy Working Group (DEWG). Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba, mengajak semua stakeholders dari pemerintah, industri dan kelompok masyarakat untuk berkolaborasi dalam menunjukkan kepemimpinan di sektor digital.

“Mari kita gunakan kesempatan Presidensi G20 Indonesia tidak hanya untuk memperlihatkan kepemimpinan Indonesia di sektor digital ke komunitas global, tetapi juga menggunakan momentum ini untuk mengkonsolidasi isu digital di ranah nasional,” ujarnya dalam Siaran Langsung Kick Off G20 on Education and Culture yang berlangsung hibrida dari Jakarta Pusat, Rabu (09/02/2022).

Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan bahwa sektor digital dalam Presidensi G20 Indonesia memiliki keterkaitan erat dengan semua isu yang dibahas dalam Sherpa Track, Finance Track, Working Group dan Engagement Group.

“Sejalan dengan semangat gotong-royong, maka inilah upaya kita untuk berkolaborasi untuk memanfaatkan teknologi digital secara produktif dan menciptakan suatu nilai tambah. Sekali lagi, mari kita bersama membawa kebaikan bagi Indonesia,” jelasnya.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, setiap pembahasan subtopik dalam DEWG G20 akan senantiasa berkaitan dengan edukasi literasi digital dan upaya menjaga ruang digital agar pemanfaatan teknologi digital bisa bersih, aman, dan produktif.

“Melalui berbagai upaya di isu prioritas ini, kami pikir bukan saja pemanfaatan digital di Indonesia dan global yang bisa memetik manfaat, tetapi juga banyak sektor lain termasuk sektor pendidikan,” tandasnya. *)