Termasuk Paypal dan Steam, Kominfo Buka Akses Lima PSE

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka akses/menormalisasi lima Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Kelima PSE tersebut adalah Paypal, Valve Corp yaitu Steam, CS GO, dan DOTA, serta Yahoo.

“Lima dari tujuh PSE yang selama ini dibicarakan di masyarakat, seperti misalnya Paypal dan Steam itu normalisasinya sudah dilakukan,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Selasa (02/08/2022), di Kantor Presiden, Jakarta.

Johnny mengemukan, pihaknya telah berkomunikasi intens di antaranya dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong agar PSE tersebut melakukan pendaftaran.

“Dengan asistensi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika mudah-mudahan pendaftarannya segera dilakukan, karena pendaftarannya sangat sederhana,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Kominfo, akses Paypal telah dibuka sejak Minggu (31/07/2022) pukul 08.00 WIB. Sementara Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA) serta Yahoo telah dinormalisasi sejak Selasa (02/08/2022) pukul 08.30 WIB. Saat ini masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut.

Menutup pernyataannya, Menkominfo menyatakan komitmennya untuk mendukung kreativitas dan inovasi digital sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Dukungan terhadap ruang digital itu kuat dan kita inginkan juga agar ketaatan terhadap hukum dan peraturan di Indonesia oleh platform, baik lokal maupun global itu juga dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.