Pengumuman, Menkominfo Gantikan Tv Analog dengan Digital Mulai 30 April 2022

KLIKSAJA.CO – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan penghentian TV analog dan menggantikannya dengan TV digital mulai besok, 30 April 2022,

Hal itu ia sampaikan usai berkordinasi dengan para penyelenggara multiplexing (mux) di Pangkalan Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

“Penghentian tetap layanan TV analog akan dimulai pada tanggal 30 April tahun 2022 jam 24.00 atau besok malam,” ujar Johnny dalam Konferensi Pers Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap I di Base Penerbangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (29/04/2022).

Migrasi TV analog ke digital atau yang dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO) ini menjadi awal mula dilakukannya digitalisasi penyiaran Indonesia, mengingat siaran TV analog telah mengudara lebih dari 60 tahun dan dinilai sudah ketinggalan zaman.

“Penghentian tetap layanan TV analog akan dimulai pada tanggal 30 April tahun 2022 jam 24.00 atau besok malam,” ujar Johnny.

Suntik mati TV analog ini akan dilakukan ke dalam tiga tahapan, di mana ASO Tahap 1 dimulai 30 April. Selanjutnya ASO Tahap 2 mulai digelar pada 25 Agustus dan ASO Tahap 3 pada 2 November.

Untuk ASO Tahap 1 ini mencakup 166 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran. Rata-rata daerah yang terdampak di sebagian Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.

Bila dibandingkan dengan penerapan ASO di tahap kedua dan ketiga, ASO Tahap 1 ini jumlah kabupaten/kota yang dipindahkan migrasi ke TV digital lebih banyak

Adapun proses suntik mati TV analog yang kemudian TV digital telah ditetapkan dan pengundangan perubahan Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggara Penyiaran.