Ustadz Harto Prayitno: Muawiyah bin Abi Sufyan merupakan Contoh Raja yang Siap Mendengar Kritik

Hasto Prayitno S.Ag, S.H., MH., Pengamat Sosial Keagamaan, menyebutkan bahwa Muawiyah bin Abi Sufyan merupakan raja pertama Islam yang patut dicontoh sikapnya dalam menghadapi kritikan pedas dari rakyatnya.

Hal itu disampaikannya dalam program ngaji kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Dialektika Institute for Culture, Religion and Democracy bekerjasama dengan ICMI Muda, kliksaja.co dan LSIN pada Selasa (06/04/2022).

“Tak hanya menerima kritik sepedas apa pun, Muawiyah bin Abi Sufyan juga merupakan raja yang paling banyak minta pendapat dari orang-orang yang di bawahnya,” jelas Prayitno.

Sikap ini menunjukkan, menurut Prayitno, bahwa meski bentuk pemerintahannya ialah kerajaan, hal itu tidak menghalangi Muawiyah bin Abi Sufyan untuk tetap legowo terhadap kritik.

Lebih dari itu, selain terbuka terhadap kritik dan saran, Muawiyah bin Abi Sufyan merupakan sosok pemimpin yang membela kelompok minoritas. Dalam diskusi disampaikan bahwa gubernur Muawiyah di wilayah Homs ditunjuk dari kalangan umat Kristiani.