MPR Gelar Sosialisasi Empat Pilar Bersama Ikatan Alumni UI

Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau Empat Pilar MPR dihadiri oleh Ratusan anggota Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), mahasiswa UI, akademisi, dan pejabat rektorat UI, serta, beberapa perwakilan dari Wakil dan Anggota MPR/DPR di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Sabtu, (11/6/2022).

Sosialiasi yang digelar tersebut merupakan bentuk kerja sama antara ILUNI UI dengan MPR untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan. Kerja sama yang dilakukan merupakan langkah yang tepat sebab kegiatan tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab MPR.

Wakil Ketua MPR. Lestari Moerdijat, menuturkan pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan itu adalah bahwa ILUNI UI dan UI merupakan rumah besar untuk semua. Dikatakan dari UI lahir berbagai tokoh. Mereka duduk di berbagai lini kehidupan masyarakat. Banyak tokoh yang lahir dari kampus yang beralamat di Depok dan Salemba Jakarta itu.

Ia juga menuturkan bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa-masa yang sulit di masa pandemic Covid-19. Hal demikian menurutnya berkat kerja keras dari semua pihak. Setelah masa pandemi, bangsa ini akan memasuki tahun politik.

Di masa kini dan yang akan datang, dirinya mengajak kepada keluarga besar UI untuk ikut mengambil peran agar proses yang ada bisa menuju titik yang betul-betul menuju ke arah Indonesia yang dicitacitakan. Polarisasi politik yang tajam di pemilu sebelumnya diharap tidak terjadi lagi.

“ILUNI UI mempunyai tanggung jawab dan mengambil peran dalam proses politik dan kebangsaan”, tutur Lestari, yang dikutip dalam mpr.go.id

Ditegaskan ILUNI UI harus mampu mendudukan atau mengembalikan semua politik dan kebangsaan dengan berdasarkan pada nilai-nilai dasar atau pondasi kebangsaan apapun garis politiknya. Hal demikian ditekankan sebab polarisasi yang terjadi pada pemilu sebelumnya juga terjadi di kampus.