Warga Lereng Merbabu Sambut HUT Kemerdekaan RI dengan Tradisi Cuci Bendera Merah Putih Secara Massal

Tradisi langka dilakukan warga lereng Gunung Merbabu di Selo Boyolali untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Warga mencuci bendera merah putih secara massal di jalan desa mereka.

Tradisi tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa patriotisme kepada warga, tradisi mencuci bendera tersebut diikuti seluruh warga baik  diikuti  ibu-ibu,  bapa-bapa dan anak- anak turut serta andil mengikuti tradisi mencuci bendera merah putih.

Mencuci bendera bersama dilakukan secara rutin setiap setahun sekali, di lakukan di bulan agustus untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Selain bendera terlihat bersih saat dipasang di depan rumah, tradisi cuci bendera juga dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme ke pada warga, khususnya anak-anak,” kata Suyitno, tokoh masyarakat. Bendera bendera yang sudah dicuci dengan sabun tersebut lalu dibilas atau disiram air kendi yang mempunyai maksud bahwa kendi berwarna merah dan air kesucian, sehingga seperti warga bendera merah putih.

Setelah selesai mencuci bendera  tersebut lalu dijemur dan setelah kering dipasang di depan rumah masing-masing selama satu bulan penuh pada bulan Agustus