Arab Saudi Capai 46°C, TA Menag: Tekankan Jemaah Haji untuk Jaga Kondisi Kesehatan

KLIKSAJA.CO – Saat ini cuaca di Arab Saudi mencapai 46 derajat celsius, sangat berbeda dengan cuaca yang ada di Indonesia berkisar yang 28 – 35 derajat celcius.

Oleh karena itu, Tenaga Ahli Menteri Agama Bidang Administrasi Hasan Basri Sagala menghimbau para Jemaah Haji untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

“Bapak dan ibu tidak perlu buru-buru untuk melakukan umrah dan sebagainya. Dikhawatirkan rukun wajib haji akan terlupakan akibat kelelahan. Semoga bapak dan ibu pergi dan pulang ke tanah air dalam keadaan sehat waalfiat, diterima amal ibadahnya dan menjadi haji mabrur,” ungkap Hasan saat melepasan ratusan jemaah asal Kota Medan di Aula Madinatul Hujjaj, Asrama Haji Embarkasi Medan, Selasa (14/06/2022).

Menurut Hasan Jemaah Haji harus meluruskan niat yakni mengejar keridaan Allah swt dalam melaksanakan ibadah ini. Sebab, seluruh amal ibadah sangat bergantung pada niat.

“Karena itu sebelum berangkat ke Tanah Suci, saya mengajak kepada kita semua untuk meluruskan niat. Mudah-mudahan dengan niat kita ini cuaca yang begitu panas bisa menjadi sejuk dan lancar dalam menjalani ibadah haji. Kami doakan seluruh jemaah dapat kembali ke tanah air dengan sehat walafiat dan mendapat haji yang mabrur,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Hasan juga menghimbau jemaah untuk berprilaku baik dan menjaga nama baik bangsa selama berada di tanah suci.

“Mari jaga prilaku kita sebagai warga Indonesia selama menjalankan ibadah haji. Karena umat muslim seluruh dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci,” terangnya.

Dalam pelepasan Jemaah Haji tersebut, turut hadir Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Abdul Amri Siregar, Walikota Medan Bobby Nasution, dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Thobib Al Asyhar dikutip dari situs resmi kemenag, Rabu 15 Juni 2022.