Moh Tohirin Hasan Raih Gelar Doktor dari UNJ dengan Penelitian Perilaku Bijak Berwawasan Kependudukan

Moh Tohirin Hasan yang merupakan pegawai Pusdiklat BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) raih gelar doktor dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) usai menggelar sidang terbuka Promosi Doktor pada kamis (14/02/2022).

Gelar doktor di peroleh setelah sidang promosi doktor di gelar di program doktor Pendidikan Kependudukandan Lingkungan Hidup Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan promotor Pro. Dr. I Made Astra, dan Co-Promotor Prof. Dr. I Made Putrawan.

Moh Tohirin Hasan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Prilaku Bijak Berwawasan Kependudukan : Studi Kausal di Badan Kependudukan di BKKBN. Ia berhasil mempertahankan dalam ujiannya di hadapan para penguji diantaranya Pro. Dr. H.M. Amansya, Dr. Diana Vivanti Sigir, Dr. Yusriani Sapta Dewi. yang digelar secara hybrid.

Disertasi Moh Tohirin Hasan menguji model perilaku yang dipengaruhi oleh beberapa variabel dalam konteks organisasi. Dalam disertasinya ditemukan bahwa kepemimpinan berpengaruh sangat kuat terhadap perilaku orang-orang yang dipimpin.

Hasil penelitian juga menemukan adanya faktor lain yang mempengaruhi perilaku, yaitu motivasi dan integritas.

Menurut Moh Tohirin Hasan ketiga faktor tersebut harus diperhatikan manakala ingin mengubah perilaku (dalam sebuah organisasi).

Sementara itu temuan penelitiannya lainnya dalam konteks penangan perce percepatan penurunan stunting, keluarga sebagai bagian dari masyarakat akan melihat pemimpinnya.

Karennaya Moh Tohirin Hasan menyarankan dalam penanganan stunting perlu keteladanan dari pemimpin di segala tingkatan.

Menurut Moh Tohirin agar keluarga yang beresiko stunting tumbuh motivasi untuk berubah perilakunya dalam pengasuhan, pemberian asupan gizi, dan juga pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga.

Dr. Lalu Makripudin (Kepala Pusdiklat Kepnedudukan dan KB BKKBN). menyampaikan selamat kepada Moh Tohirin Hasan.

“Alhamdulillah, kita bersyukur baru saja mengikuti Ujian Promosi Doktor Moh. Tohirin Hasan yang berjalan lancar, hikmat, dan mencerahkan. Mudah-mudahan menjadi kebaikan dan bermanfaat buat kemajuan ilmu dan kehidupan.

“Saya, selaku Kepala Pusdiklat Kependudukan dan KB BKKBN menyampaikan, Selamat kepada Dr. Moh. Tohirin Hasan atas pencapaian dalam studinya. Kepada Program Pascasarjana UNJ terima kasih telah memberi kesempatan pada salah satu pegawai kami untuk belajar dan bertumbuh di kampus hijau ini. Terima kasih kepada para penguji, dosen, juga staf yang telah memfasilitasi selama ybs menempuh pendidikan.” Jelas Dr. Lalu dalam sambutannya.

Dr. Lalu berharao Moh. Tohirin Hasan sebagai salah satu pegawai di Pusdiklat BKKBN berharap dengan pencapain gelar doktor dapat meningkatkan kontribusinya berupa pikiran-pikiran brilian dan inovatif ke depan.

Ia juga berharap semoga keberhasilan ini menjadi pemantik bagi pegawai lain untuk studi lanjut.

Terkait Stunting, Dr Lalu mengungkapkan bahwa tantangan program Bangga Kencana ke depan tidak semakin ringan. Saat ini mendapat mandat khusus dari Presiden dalam pelaksanaan percepatan penurunan angka stunting di Indonesia. Penurunan angka stunting merupakan upaya untuk membangun keluarga yang tidak hanya sebatas pengaturan kelahiran, tetapi betul-betul pembangunan keluarga yang utuh dan menyeluruh.