Kesan K.H. Tamam Syaifuddin Pada Sosok Irjen Nico Afinta

Mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr Nico Afinta, resmi dimutasi dan mengemban jabatan baru sebagai staf ahli sosial budaya Kapolri.

Kepindahan Irjen Pol Dr Nico Afinta dari Kapolda Jatim ke jabatan barunya sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri, menyisakan kesan yang mendalam dari Tokoh Agama sekaligus Tokoh Masyarakat Bojonegoro yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Modern Al Fatimah Dr.KH. Tamam Syaifuddin, M.Si

“Alhamdulillah selama Pak Nico Afinta bertugas di Jawa Timur, beliau sangat bagus. Dekat dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan semua elemen masyarakat,” terang Dr. KH Tamam Syaifuddin, M.Si.

Selain itu, Irjen Pol Nico Afinta juga dinilai sebagai Kapolda yang Cerdas, Lugas, Tegas dan Ikhlas dalam melaksanakan Tugas selama menjadi Kapolda Jatim.

“Kalau boleh kami katakan, beliau ini sosok Kapolda yang Cerdas, Lugas, Tegas dan Ikhlas dalam melaksanakan tugasnya menjadi Kapolda Jatim,” imbuhnya.

Dengan berakhirnya masa jabatan sebagai Kapolda Jatim, Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al Fatimah Bojonegoro tersebut mendoakan semoga Irjen Pol Nico Afinta selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas. Terus amanah dan dekat dengan masyarakat.

“Kami hanya bisa mendoakan, semoga Pak Nico selalu diberikan kesuksesan, kesehatan dan tetap amanah serta dekat dengan masyarakat,” pungkasnya.

Sosok Irjen Nico Afinto

Irjen Nico Afinto adalah soosk polisi yang telah menjabat sebagai Kapolda Jatim sejak akhir tahun 2020.

Sebelum menjadi Kapolda Jatim ia lama bertugas di bidang reserse Polda Jatim.

Irjen Nico merupakan pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, pada 30 April 1971. lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1992. Setelah lulus dari PTIK tahun 2001, Nico melanjutkan pendidikan di bidang hukum untuk jenjang S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Irjen Nico pernah betugas lama di Polda Metro Jaya. Ia pernah menjabat Wadirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2011, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya tahun 2016, Dirreskrimum Polda Metro Jaya tahun 2017.

Selain itu, Irjen Nico juga pernah bertugas di Mabes Polri, yakni di tahun 2018 menjabat Karobinopsnal Bareskrim Polri.

Pada tahun 2019 sempat menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri dan kemudian menjabat Sahlisospol Kapolri.

sebelum menjadi Kapolda Jawa Timur, Nico juga sempat mengemban jabatan sebagai Kapolda Kalimantan Selatan di tahun 2020.