Joe Biden akan Telepon Xi Jinping, berikut Isinya

WASHINGTON: Ketika kekhawatiran makin meningkat akibat rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang diklaim China, Presiden AS Joe Biden dan Xi Jinping dapat melakukan komunikasi langsung lewat teleconference sebagai pemimpin.

Menurut pejabat Gedung Putih, panggilan melalui teleconference yang telah lama direncanakan itu akan mencakup pembicaraan mengenai berbagai topik, termasuk invasi Rusia ke Ukraina, yang belum dikecam China.

Pada intinya, para pejabat AS melihat komunikasi tersebut sebagai peluang lain untuk mengelola daya saing antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia, yang hubungannya menjadi semakin ternoda oleh ketegangan atas Taiwan yang diperintah secara demokratis, dimana Xi bersumpah untuk menyatukan kembali Taiwan dengan daratan China, dengan paksa jika perlu.

Beijing telah mengeluarkan peringatan tentang konsekuensi kunjungan Pelosi ke Taiwan, yang akan menyimbolkan pertunjukan signifikan sekaligus dukungan AS untuk negara ini. Sebelumnya Taiwan sering mengklaim berada di bawah ancaman dan tekanan militer dan ekonomi Tiongkok.

Washington sebenarnya tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan dan mematuhi kebijakan “satu-China” yang mengakui Beijing secara internasional. Namun, hukum AS mewajibkan pemerintah AS untuk menyediakan bagi Taiwan sarana untuk mempertahankan diri, dan tekanan di Kongres makin meningkat kepada pemerintah AS untuk memberikan dukungan secara eksplisit terhadap Taiwan.

“Ini adalah tentang menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan presiden China, yang merupakan salah satu hubungan bilateral paling konsekuensial yang kami miliki, tidak hanya di kawasan itu, tetapi di seluruh dunia, karena menyentuh begitu banyak hal,” kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby kepada wartawan pada hari Rabu (27/07/2022).

Menurut salah satu sumber yang diberi pengarahan tentang persiapan komunikasi kedua pemimpin itu, pemerintahan Biden percaya bahwa dialog pemimpin-ke-pemimpin adalah cara terbaik untuk mengurangi ketegangan atas Taiwan.

Beberapa pengamat mengatakan Xi tertarik untuk menghindari konfrontasi langsung dengan AS ketika ia sedang mempertahankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sesi Partai Komunis China yang berkuasa pada Oktober atau November.

Menurut sumber yang diberi pengarahan, Biden juga ingin membahas masalah persaingan iklim dan ekonomi, serta konsep menempatkan pembatasan harga pada minyak Rusia untuk menghukum Moskow atas perangnya di Ukraina, tema yang diangkat Menteri Keuangan Janet Yellen dengan rekan-rekan China pada awal Juli.

Pemerintahan Biden telah mempertimbangkan apakah akan mengurangi tarif impor China untuk mengurangi inflasi yang melonjak, tetapi para pejabat AS telah menyatakan bahwa tidak ada keputusan yang diharapkan sebelum panggilan itu.

Ketika Biden terakhir kali bertemu dengan Xi pada Maret, dia mengancam akan memberikan “konsekuensi” jika Beijing memberikan dukungan material untuk konflik Rusia, dan pemerintah AS percaya bahwa garis itu belum dilewati dalam beberapa bulan sejak itu.

Meskipun ada pembicaraan tentang perjalanan Pelosi, yang belum diumumkan oleh pembicara, Gedung Putih telah menyatakan kembali sikap “satu-China”.

Terakhir kali seorang ketua DPR AS mengunjungi Taiwan adalah pada tahun 1997, dan pemerintahan AS memiliki kontrol minimal atas perjalanan legislatif sebagai pemerintahan yang setara.

Sejak itu, Tiongkok telah tumbuh lebih kuat secara militer dan ekonomi, dan beberapa analis khawatir bahwa kunjungan semacam itu pada saat hubungan tegang dapat memicu krisis di seluruh jalur perairan Selat Taiwan selebar 160 km yang memisahkan Tiongkok dan Taiwan.

“Hubungannya dalam cara yang buruk. Saling curiga berada pada titik tertinggi sepanjang masa. “Saya percaya orang-orang meremehkan betapa seriusnya situasi saat ini,” kata Bonnie Glaser, seorang ahli China di German Marshall Fund Amerika Serikat.

Dia menyarankan agar Biden dan Xi memfokuskan seruan mereka pada de-eskalasi, termasuk prosedur potensial untuk mengurangi bahaya kesalahan.

Kirby mengatakan pemerintah telah melakukan kontak dengan kantor Pelosi untuk memastikan dia mendapatkan “semua konteks” yang dia butuhkan untuk membuat keputusan perjalanan.

China telah memberikan beberapa petunjuk tentang langkah-langkah tepat apa yang akan diambilnya jika Pelosi, seorang kritikus lama China, terutama tentang masalah hak asasi manusia, mengunjungi Taiwan.

Mempermainkan masalah Taiwan, menurut Martin Chorzempa, seorang peneliti senior di Peterson Institute for International Economics, dapat menjadikan Xi sebagai pengalih perhatian domestik dari ekonomi China yang melambat beberapa tahun terakhir, tetapi “setiap reaksi yang cukup kuat untuk memicu sanksi AS akan menyebabkan kerusakan besar pada China dan ekonomi dunia.”

Sumber: Reuters