Akibat Serangan Ukraina, 15.000 Penduduk di Kherson Dievakuasi Rusia

MOSKOW – Setelah mengunjungi wilayah tersebut dengan kepala domestik Kremlin Sergei Kiriyenko, kepala Krimea yang dicaplok Moskow mengklaim penarikan warga sipil dari Kherson yang dipimpin tentara Rusia selama serangan balasan Ukraina “selesai.”

“Upaya untuk mengoordinasikan penduduk yang meninggalkan tepi kiri (sungai) Dnipro ke wilayah aman Rusia telah tercapai,” kata pemimpin Krimea yang ditunjuk Moskow, Sergei Aksyonov, Kamis malam di Telegram.

Saat pasukan Ukraina bergerak maju di selatan, otoritas pendudukan Moskow di wilayah selatan Ukraina telah memerintahkan penduduk untuk menyeberang ke tepi kanan Sungai Dnipro.

Kyiv membandingkannya dengan “deportasi” ala Soviet terhadap warganya.

“Persimpangan Dnipro sepi!” Menurut Aksyonov.

Dia berbagi foto dirinya dan pejabat lainnya di tepi sungai, termasuk Kiriyenko.

Sementara itu, tentara Kiev menyatakan pada hari Jumat bahwa “apa yang disebut evakuasi” Moskow masih berlangsung.

Menurut laporan itu, komando Rusia di Kherson berusaha untuk “menyembunyikan korban sebenarnya dari prajurit” untuk “mencegah kepanikan.”

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov menyatakan Kamis malam bahwa 23 anak buahnya tewas dalam pertempuran di sekitar Kherson minggu ini, dengan puluhan lainnya terluka, menunjukkan bahwa Moskow menderita kerugian serius.

“Salah satu pasukan Chechnya ditembaki di wilayah Kherson pada awal minggu ini,” kata Kadyrov, yang telah mengirim milisinya untuk berperang bersama pasukan Kremlin.

“Ada 23 tentara tewas dan 58 terluka,” katanya.

Sekutu Kremlin jarang mengakui kekalahan, tetapi mengatakan kerugiannya signifikan pada hari itu.”

Pasukan Moskow telah bersumpah untuk mengubah Kherson menjadi “benteng” dan menolak untuk menyerahkan kota itu, yang mereka rebut pada awal serangan Maret mereka.

Sumber: AFP